YEMIMA MASAKERI: “OTSUS MENGUTAMAKAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK PAPUA”

0
14
Yemima Masakeri (Kepala Distrik Rasiei Kab. Teluk Wondama)
Yemima Masakeri (Kepala Distrik Rasiei Kab. Teluk Wondama)

Berakhinya Otonomi Khusus (Otsus) pada tahun 2021 ini, menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada beberapa pihak dan kelompok yang secara lugas menyatakan menolak kelanjutan Otsus karena dinilai belum berhasil. Hal ini menjadi senjata bagi kelompok separatis untuk menyerang dan menyalahkan pemerintah karena dianggap gagal membangun dan memajukan tanah Papua.

Menyikapi hal tersebut, Yemima Masakeri selaku Kepala Distrik Rasiei dan juga Tokoh Perempuan di Kab. Teluk Wondama mengimbau kepada masyarakat agar tetap percaya dan yakin kepada pemerintah untuk melanjutkan program Otsus bagi Papua dan Papua Barat. “Walaupun memang tidak 100 persen berhasil, tapi bisa dilihat sudah sangat banyak pencapaian dan kemajuan berkat adanya Otsus” tutur Yemima.

Yemima juga yakin bahwa seluruh masyarakat dari kalangan akar rumput sangat mendukung program pemerintah membangun dan memajukan tanah Papua, termasuk lewat kebijakan Otsus. “Kita harus menjelaskan hal ini kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi”, tegas Yemima.

Dalam rentang waktu sekitar 20 tahun implementasi Otsus, sudah banyak membawa perubahan bagi Papua dan Papua Barat, diantaranya membantu masyarakat dalam membiayai pendidikan anak-anak Papua, terutama bagi warga dengan ekonomi rendah. “Kita jangan menolak dana Otsus karena sudah memberikan manfaat cukup besar bagi kita orang Papua terutama anak anak kita yang sudah mendapat pendidikan yang layak dan masih banyak manfaat yang sudah diberikan melalui dana Otsus bagi masyarakat Papua.” tutup Yemima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here