Wali Kota Jayapura kukuhkan enam Paskibraka HUT ke-75 Kemerdekaan RI

0
56

Jayapura (ANTARA) – Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengukuhkan enam anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Kota Jayapura, Provinsi Papua, di Mainhall Kantor Wali Kota setempat, Minggu, 16 Agustus 2020.

Upacara pengukuhan dihadiri Forkopimda Kota Jayapura, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan enam peserta Paskibraka.

“Saya mengucapkan selamat kepada adik-adiku yang telah terpilih sebagai anggota Paskibraka Kota Jayapura 2020, kalian memiliki keistimewaan,” kata Wali Kota Benhur di sela-sela pelepasan di Jayapura, Minggu.

Menurut dia, Paskibraka bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia saja, tetapi harus juga harus mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Hari ini menandakan bahwa adik-adik telah secara resmi menjadi pasukan pengibar bendera di tingkat Kota Jayapura yang akan melaksanakan tugasnya pada 17 Agustus besok. Adik-adik telah dilatih dan digembleng oleh pelatih baik dari TNI maupun Polri dan panitia Paskibraka Kota Jayapura,” ujarnya.

Dia mengatakan, dalam masa-masa latihan tersebut, telah ditanamkan banyak hal yang berkaitan dengan patriotisme, untuk menjadikan Paskibraka sebagai sosok yang memiliki jiwa besar, jiwa bangga menjadi pemuda yang mampu mengamalbaktikan segala jiwa raga untuk mengisi negara yang kita cintai ini, dengan menjadi pasukan pengibar bendera.

“Adik-adik yang saya cintai, tidak semua memiliki kesempatan menjadi Paskibraka, tugas yang adik-adik laksanakan besok adalah tugas yang sangat berat namun sangatlah mulia karena adik-adik merupakan tunas-tunas bangsa, harapan bangsa dan negara,” katanya.

Dengan menunjukan sikap rela berkorban, meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi pasukan pengibar bendera, Paskibraka telah mewujudkan dharma bhakti kepada bangsa dan negara sebagaimana para pahlawan, yang rela berkorban jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa dan negara, katanya.

Wali Kota Benhur mengucapkan terima kasih kepada panitia Paskibraka, pelatih dan unsur-unsur terkait yang telah memberikan pelatihan dan pembinaan kepada pasukan Paskibraka tingkat Kota Jayapura tahun ini.

“Sehingga adik-adik ini siap melaksanakan tugas yang diamanatkan demi berkibarnya sang Merah-Putih pada 17 Agustus. Besok kita akan melaksanakan upacara bendera peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI, meskipun proklamasi kemerdekaan kali ini berada di tengah-tengah wabah pandemi COVID-19,” katanya.

Ia mengimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang sudah ditentukan, karena para peserta dan para undangan upacara besok akan dibatasi. Ia juga memohon maaf kepada seluruh warga Kota Jayapura lantaran tidak bisa mengikuti upacara secara langsung akibat corona. Namun, bisa diikuti melalui You Tube Kota Jayapura dan Facebook Kota Jayapura dan juga disiarkan secara life oleh LPP RRI Jayapura.

Dari data yang diperoleh, ke-6 orang Paskibraka ini akan dibagi menjadi dua tim yang bertugas pada detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera. Adapun nama-nama petugas Paskibraka yang menaikan bendera yakni Lukas Twenty (pengerek bendera), Yeremia SM Merauje (pembentang bendera) dan Michelle E Rumansara (pembawa bendera).

Sedangkan petugas yang menurunkan bendera yakni Marcelino Makanuay (pengerek bendera), Sabrain J Jensenem (pembentang) dan Zona VC Rumbiak (pembawa bendera).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here