TOKOH MASYARAKAT DISTRIK WIRIAGAR DUKUNG KEBERLANJUTAN OTSUS

0
35
FOTO : Ani Bauw (Tokoh Masyarakat Distrik Wiriagar Kabupaten Teluk Bintuni)

Tokoh Masyarakat Distrik Wiriagar Kabupaten Teluk Bintuni Ani Bauw memberikan dukungannya terhadap keberlanjutan Otonomi khusus (Otsus) yang telah berlangsung selama 20 tahun di Tanah Papua. Hal itu diungkapkannya ketika ditemui di rumahnya pada Selasa (13/4/21).

Pendidikan dan kesehatan merupakan salah satu pondasi pembangunan SDM di Tanah Papua. Oleh karenanya Otsus perlu dilanjutkan untuk menunjang usaha pemgembangan SDM khususnya di distrik-distrik terluar seperti seperti distrik Wiriagar.

“Otsus merupakan kebijakan yang bagus karena ada alokasi dana cukup besar yang seharusnya digunakan untuk pendidikan dan ekonomi masyarakat. Masyarakat bersyukur pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Teluk Bintuni sudah digratiskan selama ini,” jelas Ani

Dirinya mengatakan, Distrik Wiriagar merupakan salah satu distrik yang memiliki sumber daya alam yang besar, namun pemanfaatan ekonominya dirasa masih kecil, Hal Tersebut Disebabkan lemahnya kinerja Pemerintah Daerah yang tidak mampu memanfaatkan peluang adanya perusahaan Migas di wilayah tersebut.

Secara umum masyarakat belum merasakan adanya pembagian uang bagi hasil yang sesuai sebagai dampak masuknya perusahaan. Artinya dalam hal ini UU Otsus harus memiliki peran dalam mempertegas keberpihakan terhadap masyarakat terkait masalah tersebut.

“Secara umum pihaknya sepakat bahwa Otsus adalah kebijakan yang bagus dan merupakan bentuk keberpihakan kepada masyarakat Papua. Namun kembali lagi agar Otsus berjalan maksimal, perlu adanya peran yang baik dari pemerintah daerah setempat,” Tutupnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here