TOKOH MASYARAKAT DISTRIK HINGK : “OTSUS MELINDUNGI HAK ULAYAT MASYARAKAT PAPUA”

0
53
FOTO : Linus Saroy (Tokoh Masyarakat Distrik Hingk, Kabupaten Pegunungan Arfak)

Tokoh Masyarakat Distrik Hingk, Kabupaten Pegunungan Arfak Linus Saroy memberikan dukungannya terhadap keberlanjutan Otonomi khusus (Otsus) yang telah berlangsung selama 20 tahun di Tanah Papua. Hal itu diungkapkannya ketika ditemui dikediamnya pada Rabu (28/2/21).

Selama ini Otsus sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat Kabupaten Pegunungan Arfak yang langsung menyentuh ke dalam  aspek pendidikan dan kesehatan, ditambah lagi di dalam Otsus terdapat aturan-aturan yang memprioritaskan masyarakat adat dalam hal melindungi hak ulayat.

“Otsus masih sangat berpengaruh pada bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan serta aturan-aturan kepemilikan tanah yang ada di Papua, karena Otsus juga sebagai dasar orang asli Papua (OAP) untuk mendapatkan haknya  ” ungkap Rudi

Menurutnya, dengan adanya Otsus, menunjukkan bahwa ada upaya serius dari Pemerintah Pusat untuk membangun Papua agar lebih baik.

Dirinya berharap apabila Otsus dilanjutkan, ada kebijakan atau program baru dari Pemerintah Daerah sehingga manfaat Otsus dapat benar-benar dirasakan masyarakat dengan lebih maksimal. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here