TOKOH ADAT TEHIT MLAKYA : OTSUS TERBUKTI DALAM PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT.

0
26
Tokoh Adat Tehit Mlakya, Kabupaten Sorong Selatan, Melkianus Konjol

Tokoh Adat Tehit Mlakya, Kabupaten Sorong Selatan, Melkianus Konjol, menyatakan dukungan terhadap keberlanjutan Otsus sebagaimana ia memberikan tanggapan bahwa “Otsus Papua telah terbukti memberikan dampak yang signifikan dalam bidang pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat melalui sektor perekonomian serta pengembangan SDM di seluruh Papua, sehingga keberlanjutannya harus didukung guna terciptanya masyarakat asli Papua yang mandiri, sejahtera, dan berpegang pada adat istiadat setempat,” ucapnya.

Ia menambahkan terdapat beberapa poin dalam Otsus Jilid II yang tidak dapat dipungkiri, masih perlu dievaluasi sehingga lebih berpihak terhadap orang asli Papua, diharapkan implementasi dari Otsus Jilid II nantinya dapat terlaksana secara efektif dan efisien dalam mensejahterakan masyarakat Papua.

“Indonesia merupakan negara demokrasi yang memiliki berbagai macam budaya dan adat istiadat sehingga hal tersebut sangat dijunjung tinggi dalam pelaksanaan sistem pemerintahannya. Otsus Jilid II diciptakan tanpa mengesampingkan nilai-nilai kearifan lokal dari adat istiadat asli Papua, sehingga implementasinya nanti diharapkan dapat menyentuh seluruh aspek kehidupan orang asli Papua,” ujarnya.

Dirinya mengaku sering memberikan pesan kepada masyarakat untuk mendukung keberlanjutan Otsus tersebut.

“Sebagai Tokoh Adat, kami akan lebih aktif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat asli Papua guna mendukung keberlanjutan Otsus Jilid II melalui kegiatan-kegiatan pengembangan SDM yang berdasarkan dengan adat istiadat setempat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here