Tips 7 aplikasi edit foto dan video yang mudah digunakan

0
24

Jakarta (ANTARA) – Bagi Anda yang rindu jalan-jalan bareng teman maupun keluarga namun belum dapat bertemu secara langsung karena pandemi, saat ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk menelusuri kembali galeri foto.

Selanjutnya, Anda dapat mengedit foto atau video untuk kemudian diunggah ke media sosial atau sekadar dibagikan kepada teman dan keluarga untuk mengenang kembali momen bersama.

Berikut rekomendasi aplikasi edit foto dan video dari Antara, yang cukup mudah digunakan.

1. FotoRus

FotoRus merupakan salah satu aplikasi edit foto yang paling mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana saat dibuka.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Fotoable itu memiliki bobot 115,3MB dan telah mengantongi penilaian 4,5 bintang di App Store milik Apple.

Namun, aplikasi tersebut tampaknya tidak tersedia di toko aplikasi Play Store — ada aplikasi dengan nama sama, namun pengembang yang berbeda.

FotoRus langsung menyajikan pilihan edit, antara lain Pro Edit, Collage untuk mengkolase foto, PaintLab untuk menjadikan sebuah foto dengan berbagai warna, Bauty untuk mempercantik foto, serta Libary dengan berbagai pilihan template foto.

2. Foto Grid

Untuk pengguna Android, kami merekomendasikan aplikasi Foto Grid, yang memiliki antarmuka sederhana dan mudah digunakan, seperti FotoRus. Foto Grid telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan mengantongi 4,8 bintang di Play Store.

Aplikasi dengan kapasitas 14,33MB itu menawarkan kolase foto hingga 18 foto, lebih dari 100 pilihan tata letak bingkai, mengubah rasio, memotong dan mengedit foto dengan filter dan teks.

Anda kemudian dapat menyimpan foto dalam resolusi tinggi dan membagikan gambar ke aplikasi media sosial.

3. PicsArt

Aplikasi ini tersedia baik di App Store maupun Play Store. Aplikasi ini dapat mengedit foto maupun video, dengan dilengkapi alat untuk membuat kolase, membuat stiker dan menyediakan efek Sketsa, seperti efek glitch dan filter vintage, juga menawarkan lebih dari 100 tamplate.

Dalam keterangan aplikasi di Play Store, pengembang PicsArt menyebut aplikasi tersebut berada di posisi ke-14 dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2019 dengan lebih dari 700 juta unduhan hingga saat ini.

Menariknya, yang menjadi pembeda dari aplikasi ini adalah komunitas di dalamnya. Anda dapat membuat akun dan bergabung dalam komunitas dengan mengunggah hasil edit foto Anda pada aplikasi tersebut dengan antarmuka feed layaknya di media sosial.

PicsArt mendapat 4,3 bintang di Play Store, dan bahkan mengantongi 4,8 bintang di App Store.

4. Unfold

Aplikasi ini cocok bagi Anda yang menyukai fotografi sekaligus quotes. “Unfold adalah saran bagi penulis cerita,” begitu keterangan dari aplikasi tersebut di Play Store.

Aplikasi ini juga kami rekomendasikan untuk digunakan pada Instagram Stories agar terlihat lebih rapi dan menarik. Sebab, Unfold menghadirkan rasio yang pas dengan Instagram Stories, dan tidak hanya itu aplikasi ini dapat menggabungkan foto dan video dalam satu kolase.

Sementara banyak aplikasi lain yang menawarkan beragam warna, Unfold tampil sederhana dengan template yang minimalis. Penggunaan aplikasi juga cukup mudah. Tidak perlu akun, cukup unduh aplikasi — dengan bobot 87,06MB di Play Store, atau 127,2MB di App Store.

Mengantongi 4,5 bintang di Play Store, aplikasi ini bahkan mendapat penilaian yang hampir sempurna (4,9 dari 5) di App Store, dan menjadi salah satu pilihan editor.

5. Splice

Splice menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai belajar mengedit video. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana.

Anda dapat mulai mengerjakan “proyek video” Anda, dan dapat berhenti kapan pun untuk dilanjutkan kemudian karena aplikasi ini dapat menyimpan hasil edit video Anda.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Bending Spoons Apps IVS ini memiliki ukuran 102,4MB, dan telah mengantongi 4,7 bintang di App Store. Sayangnya, aplikasi tersebut tidak tersedia di Play Store.

Splice menawarkan edit video dalam aspek rasio potrait, square atau landscape. Aplikasi ini juga dapat menyimpan video dengan kualitas mulai dari 540p, 720p, 1080p hingga 4K.

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini juga lengkap, layaknya mengedit video di PC, mulai dari tulisan, efek, suara latar/musik, hingga untuk voice over/pengisian suara secara langsung.

6. FilmoraGo

Untuk pengguna Android, Anda dapat mengedit video menggunakan aplikasi FilmoraGo. Memiliki bobot 36,71MB, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan mengantongi 4 bintang di Play Store. Aplikasi ini juga tersedia di App Store, dan telah mengantongi 4,6 bintang.

FilmoraGo bahkan masuk dalam rekomendasi editor Play Store, sebab memiliki fitur edit video yang lengkap, tombol virtual berukuran besar, hasil video tidak memiliki watermark.

Fitur audio mixer yang ada pada aplikasi juga bisa menggabungkan suara voice over dengan suara asli dalam video, juga memberikan sentuhan personal dengan efek animasi unik dan penambahakan teks dalam video.

7. InShot

Aplikasi lainnya yang juga banyak digunakan adalah InShot. Aplikasi ini juga masuk dalam rekomendasi editor Play Store, sebab mendukung format video untuk Instagram dan Youtube, serta dilengkapi dengan background blue bila ukuran tidak sesuai.

Di Play Store, InShot telah mengantongi lebih dari 100 juta unduhan dan mendapat penilaian hampir sempurna, yaitu 4,9 bintang. Begitu pula di App Store, aplikasi dengan bobot 72,5MB ini mendapat 4,9 bintang.

Aplikasi ini cocok bagi pemula, karena mudah digunakan, hanya dengan menggabungkan klip video, menambah musik, teks hingga emoji di dalam video. Melalui fitur speed, Anda bisa membuat video tampak lambat (slow motion) maupun cepat (fast motion).

Untuk mendapatkan hasil edit foto atau video terbaik, Anda dapat menggunakan lebih dari satu aplikasi di atas. Sebab, setiap aplikasi memiliki plus dan minus dari segi fitur, sehingga dapat melengkapi satu sama lain. Dan, tentunya penggunaan aplikasi disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam mengedit foto dan video.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here