Polisi sosialisasikan detik-detik proklamasi kepada warga lewat radio

0
42

Jayapura (ANTARA) – Polda Papua sosialisasi detik-detik proklamasi kepada warga lewat stasiun Radio Bahana Sangkakala (RBS) 92.5 FM di Kota Jayapura, Rabu.

Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya yang bertindak selalu narasumber didampingi Kasubbid PID Kompol Rudolf Yabansabra, Banum Subbid Penmas Bidang Humas Polda Papua Brigpol Willem Ireuw yang dipandu oleh Angelica Senggu dari RBS.

“Dalam rangka HUT RI ke-75, ada persiapan di rangkaian kegiatan detik-detik proklamasi ini, sehingga kami berjumpa lewat udara untuk mensosialisasikan beberapa hal, di antaranya mengenai bagaimana dan caranya yang kiami perbuat,” kata Direktur Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya.

“Pertama memang kami ada satu perubahan yang sangat luar biasa karena beberapa bulan terakhir ini, sedang menghadapi pandemi COVID-19.

Sehingga segala sesuatu itu semua akan berubah dan kami mau ataupun tidak tetap harus menerima perubahan itu adanya, apabila kami mengikuti tata cara yang benar dari pemerintah sehingga akan membuat kami sehat kemudian bisa melakukan aktivitas,” lanjutnya.

Perubahan peran itu di antaranya adalah kegiatan yang biasanya ada lomba panjat pinang ada olah raga untuk mengeluarkan keringat dan juga tidak ada larangan yang melakukan aktivitas saat pandemi ini untuk menyongsong Hari Kemerdekaan pada Senin, 17 Agustus 2020 yang ke-75 ini.

“Kami sampaikan bahwa untuk detik-detik proklamasi yang akan dilaksanakan adalah kami berdiri sikap sempurna dimanapun tempatnya pada saat pukul 10.17 WIB, namun di Provinsi Papua akan melaksanakan pada pukul 12.17 WIT sampai dengan pukul 12.20 WIT, kami meminta kepada para pendengar untuk menghormati detik-detik proklamasi selama 3 menit,” katanya.

“Kamia akan melaksanakan rangkaian dengan seluruh jajaran untuk berkolaborasi menjaga perempatan, pertigaan dan tempat keramaian dengan menghentikan seluruh aktivitas masyarakat kemudian untuk kendaraan diwajibkan untuk turun dan matikan kendaraannya dan mengambil sikap sempurna di sebelah pintu mobil dan disebelah setir motor,” sambungnya.

Untuk di tempat-tempat ibadah, kata dia, menggunakan lonceng gereja dan bedug yang ada di masjid, sirine mobil dan klakson mobil dan motor, tentunya Polda Papua akan mensosialisasikan mulai sekarang.

Lebih lanjut, Kombes Pol Gatot mengatakan pada Kamis dan Jumat pekan ini, personel Polda Papua akan melaksanakan gladi bersih untuk mengikuti dan menghormati upacara pada Hari Kemerdekaan atau Senin pekan depan.

Selain itu, kata dia, personel Polda Papua selalu menggaungkan atau memerintahkan, kepada masyarkat untuk mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan terutama memakai masker ini sangat dianjurkan untuk dipakai oleh masyarkat agar tidak terkena virus COVID-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here