Panglima TNI-Kapolri jadwalkan kunjungi Timika akhir pekan

0
45

Timika (ANTARA) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bersama rombongan dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Timika pada akhir pekan nanti.

Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo di Timika, Selasa, mengatakan kegiatan kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri ke Timika, ibu kota Kabupaten Mimika itu baru sebatas rencana.

“Untuk waktunya masih tentatif karena dinamika selalu berubah. Namun kami menyiapkan lebih awal sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan saat kunjungan Bapak Panglima TNI dan Bapak Kapolri nanti bisa berjalan baik,” jelas Brigjen Suswatyo.

Sehubungan dengan itu pada Selasa siang, jajaran Kogabwilhan III menggelar rapat persiapan kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri bertempat di Hotel Serayu Timika.

Rapat persiapan itu juga dihadiri oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Dandim 1710 Mimika Letkol Yoga Chahya Prasetya dan Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata.

Brigjen Suswatyo mengatakan agenda utama kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri di wilayah Timika yaitu untuk melakukan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh adat.

Selain itu, Panglima TNI dan Kapolri akan menghadiri kegiatan ritual ‘bakar batu’ bertempat di lokasi pembangunan Markas Kogabwilhan III Jalan Poros SP5, Timika.

“Berkaitan dengan kunjungan kerja beliau berdua tentu kami akan menyiapkan pengamanan maksimal, soal berapa besar pasukan yang akan kami siapkan dan penempatannya di titik mana-mana saja, hal itu tidak perlu kami sampaikan,” kata Brigjen Suswatyo.

Ia menambahkan, pengamanan kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan di Timika nanti akan ditingkatkan mengingat waktunya hampir berdekatan dengan 1 Desember yang selama ini menjadi ‘hari keramat’ untuk warga Papua.

“Harapan kita selama kunjungan kerja Bapak Panglima TNI dan Bapak Kapolri di Timika, semua kegiatan dapat berjalan lancar dan aman. Apalagi kita semua akan memasuki bulan Desember yang merupakan bulan cinta kasih menyongsong perayaan Natal,” ujar Brigjen Suswatyo.

Menyangkut rencana kegiatan ritual ‘bakar batu’ saat kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri di Timika, Brigjen Suswatyo menegaskan jajarannya akan benar-benar menerapkan penegakan protokol kesehatan, kendati kegiatan itu diprediksi akan dihadiri oleh massa dalam jumlah cukup besar.

“Saat kegiatan batu tentu kita melibatkan masyarakat, maka protokol kesehatan harus diutamakan. Masyarakat yang datamng akan kita bagikan masker, kami juga akan menyiapkan hand sanitizer dan lainnya. Tentunya akan kita atur jarak mereka supaya semua kegiatan sesuai pedoman protokol kesehatan. Yang jelas petugas terkait dari Tim Satgas COVID-19 Mimika akan kita libatkan,” jelas Brigjen Suswatyo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here