OTSUS MEMBAWA PERUBAHAN POSITIF BAGI PAPUA DAN PAPUA BARAT

0
223
Muhajidin Saleo (Lurah Kota Waisai)
Muhajidin Saleo (Lurah Kota Waisai)

Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 21 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua (Otsus Papua) resmi disahkan menjadi Undang-undang (UU) dalam Rapat Paripurna di DPR, Kamis (15/7/2021). 

Otsus di Tanah Papua telah berjalan selama 20 tahun, dalam perjalanannya banyak hal yang telah berhasil dicapai, namun ada pula yang perlu diperbaiki. Salah satu contoh yang perlu perbaikan, yaitu menyangkut pemerataan pembangunan antar kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat. Untuk itu, perlu diambil kebijakan strategis diantaranya dengan melakukan perubahan terhadap Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua.

Pembahasan RUU Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 ini merupakan upaya bersama dan wujud komitmen Pemerintah, DPR dan DPD RI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua sebagai bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Muhajidin Saleo, selaku Lurah Kota Waisai, Kab. Raja Ampat, menilai Otsus sangat penting bagi kehidupan masyarakat Papua. Menurutnya, Otsus adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan orang asli Papua. 

Selama diberlakukannya Otsus bagi Papua dan Papua Barat, telah banyak membawa perubahan positif baik dari sisi pembangunan infrastruktur, maupun kualitas Sumber Daya Manusianya. 

Dilihat dari aspek pembangunan infrastruktur, contoh nyata keberhasilan Otsus antara lain pembangunan jalan antar kabupaten/kota di Papua Barat, pembangunan jembatan, fasilitas transportasi Bandara dan Pelabuhan, pembangunan fasilitas kesehatan berupa Rumah Sakit dan Puskesmas, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Muhajidin mengajak masyarakat Papua khususnya di Kab. Raja Ampat untuk tidak terprovokasi hasutan kelompok-kelompok yang menolak Otsus, karena pada dasarnya aspirasi mereka hanya mementingkan kepentingan kelompok mereka saja. Sebagai Lurah, Muhajidin menghimbau masyarakat untuk terus mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah dalam membangun dan memajukan Tanah Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here