OTSUS MEMBANTU PENDIDIKAN DAN KESEHATAN MASYARAKAT

0
116
FOTO: Siprianus Yarkohok (Tokoh Pemuda Distrik Merdey, Kab. Teluk Bintuni)

Program Otonomi khusus (Otsus) dari pemerintah pusat untuk Tanah Papua telah memberikan hasil yang cukup besar bagi wilayah yang terletak di timur Indonesia, Papua dan Papua Barat. Hal ini disampaikan oleh berbagai kalangan orang asli Papua yang berasal dari tokoh masyarakat, adat, agama, hingga tokoh perempuan juga tokoh pemuda.

Siprianus Yarkohok selaku tokoh pemuda Papua dari Distrik Merdey, Kabupaten Teluk Bintuni menilai adanya Otsus telah mempermudah masyarakat Papua dalam memperoleh pendidikan dan kesehatan.

“Otsus membuat masyarakat tidak terbebani dengan biaya pendidikan dan kesehatan,” ujar Siprianus.

Menurutnya, masyarakat Distrik Merdey melihat Otsus telah menjadikan Tanah Papua lebih baik sehingga ini menjadi alasan masyarakat menginginkan Otsus tetap dilanjutkan dan menolak pemberitaan negatif terkait Otsus yang dilakukan oleh kelompok penolak Otsus.

Tak hanya sekedar mendukung, dirinya juga menanggapi rencana pemerintah dalam melanjutkan Otsus. Ia berharap, mekanisme penyaluran Dana Otsus kedepan dapat diawasi lebih ketat agar implementasi Otsus dapat berjalan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here