OTSUS DEMI KEPENTINGAN MASYARAKAT PAPUA

0
30
FOTO: Petrus Makbon (Kepala Suku Biak di Kabupaten Manokwari)

Perpanjangan Otonomi khusus (Otsus) untuk Tanah Papua kian mendapat dukungan dari berbagai kalangan masyarakat asli Papua termasuk tokoh-tokoh adat di wilayah tersebut. Salah satunya datang dari Kepala Suku Biak di Kabupaten Manokwari Petrus Makbon.

Dijelaskan Petrus, Otsus ini dibuat demi kepentingan masyarakat asli Papua. Hal tersebut terlihat dari banyaknya dampak positif yang telah dirasakan hingga dewasa ini sejak awal ditetapkannya Otsus pada tahun 2001 silam.

“Bisa kita lihat contoh kecilnya yaitu jalur lintas Manokwari-Sorong. Itu ada karena Otsus. Banyak generasi muda OAP dapat beasiswa pendidikan hingga ke luar negeri, ada yang menjadi ASN, pilot, bahkan TNI-Polri,” bebernya.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan Otsus, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar selalu bersyukur dan mendukung kebijakan yang dibuat pemerintah selama ini. Ia pun menyayangkan adanya kelompok masyarakat yang menolak Otsus. Padahal, jika menilik lebih dalam, pasal-pasal dalam terkandung dalam Otsus sudah benar-benar berpihak kepada OAP.

“Kelompok ini sebenarnya kurang paham atau tidak mengerti tentang pemanfaatan Dana Otsus. Ini menjadi tugas pemerintah untuk mengedukasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai Otsus,” ungkapnya.

Mengenai evaluasi Otsus, dirinya menganggap ini sebagai hal yang penting untuk dilakukan guna mengoptimalkan penerapan Otsus dalam hal-hal menjadi kendala.

“Untuk itu, mari kita bersama menerima, mendukung serta selalu mengawal perpanjangan program Otsus Jilid II sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Papua dan Papua Barat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here