MELIANUS KEMON: DENGAN OTSUS KITA BANGUN PAPUA

0
178
Melianus Kemon (Kepala Kampung Lama Kab. Teluk Bintuni)
Melianus Kemon (Kepala Kampung Lama Kab. Teluk Bintuni)

Otonomi Khusus (Otsus) Papua selama ini dinilai berhasil dan berjalan dengan baik, salah satunya dalam hal pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua dibidang pendidikan. Pembangunan SDM di Papua dan Papua Barat terus mengalami peningkatan. Adanya peningkatan SDM  bidang pendidikan tak lain karena dampak dari dana Otsus yang diberikan Pemerintah Pusat. Sejauh ini dampak Otsus terhadap Tanah Papua disektor pendidikan sudah banyak teman-teman Papua menjadi sarjana dan lainya. Mereka dapat beasiswa yang bersumber dari dana Otsus yang diberikan Pemerintah Pusat.

Melianus Kemon, Kepala Kampung Lama Kab. Teluk Bintuni mengatakan pendidikan dan kesehatan sangat penting untuk masyarakat. Pendidikan menjadi komponen utama dalam  mendukung pembangunan Tanah Papua kedepannya. “Anak-anak harus sekolah setinggi mungkin agar dapat kembali menjadi pemimpin dan membangun Tanah Papua” ujar Kemon.

Anggota keluarga marga Kemon yang juga sebagai salah satu pemilik hak ulayat terbesar di Bintuni ini mengatakan masyarakat Bintuni pada prinsipnya sangat mendukung kebijakan Otsus. “Masyarakat merasakan langsung manfaat Otsus dimana biaya pendidikan dan kesehatan menjadi gratis” jelas Kemon.

Sebagai tokoh masyarakat setempat, Kemon berharap agar kedepannya pengelolaan dana Otsus dapat lebih baik lagi agar tepat sasaran ke seluruh lapisan masyarakat. Dia juga mengajak seluruh masyarakat di Bintuni mendukung keberlanjutan Otsus dan tidak terpengaruh provokasi kelompok-kelompok yang menolak Otsus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here