Masyarakat Tolikara dambakan jaringan komunikasi 4G

0
80

Wamena (ANTARA) – Masyarakat di berbagai kampung Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua mendambakan jaringan telepon seluler 3G dan 4G untuk melakukan aktivitas komunikasi  berbasis teknologi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tolikara Derwes Jikwa melalui telepon seluler, Sabtu, mengatakan permintaan aspirasi kebutuhan jaringan komunitas sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat.

“Kami ada usulkan ke Kementerian Kominfo melalui Bakti untuk bangunkan Telkomsel 3G dan 4G di beberapa daerah yang memang layanan spot tidak bisa komunikasi dari luar ke dalam maupun sebaliknya dan komunikasi di dalam,” katanya.

Ia menyebut, rata-rata masyarakat di Tolikars sudah memiliki telepon genggam dengan sistem operasi android namun tidak bisa dipakai untuk mengakses informasi maupun komunikasi.

“Karena itu kami minta pemerintah pusat perhatikan daerah yang belum bisa akses internet ini. Jaringan Telkomsel dengan menggunakan paket data di sini memang tidak bisa,” katanya.

Ia mengatakan masyarakat di daerah pedalaman Papua itu sudah menganggap internet sebagai kebutuhan vital setelah mereka melakukan perjalanan ke daerah maju yang tersedia fasilitas internet.

“Masyarakat yang sudah sering ke kota seperti ke Jayapura, Jawa dan mereka sering pakai jaraingan internet dan jaringan ini menjadi gaya hidup masyarakat zaman sekarang jadi akses internet menjadi kebutuhan,” katanya.

Sebelumnya ia mengatakan masyarakat juga menantikan program Palapa Ring yang sudah diresmikan namun hingga kini belum dinikmati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here