MASYARAKAT ARFAK DUKUNG PENUH KEBERLANJUTAN OTONOMI KHUSUS TANAH PAPUA

0
82
FOTO: Anton Mandacan (Tokoh Masyarakat Arfak di Kabupaten Manokwari)

Adalah salah satu tokoh masyarakat Arfak di Kabupaten Manokwari Anton Mandacan yang memberikan dukungan terhadap keberlanjutan Otonomi khusus (Otsus) di Tanah Papua. Menurutnya, bukan hanya dirinya tetapi seluruh masyarakat suku Arfak tidak ada yang menolak pelaksanaan Otsus.

“Memang dari Bapak Gubernur selaku Kepala Suku Besar Arfak menghendaki agar pelaksanaan Otsus tetap dilanjutkan karena masyarakat Papua masih membutuhkannya untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan,” ungkap Anton.

Meskipun menilai masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan Otsus akan tetapi kekurangan tersebut bukan disebabkan oleh pemerintah pusat.

“Tanggung penuh terhadap Otsus ada di pemerintah daerah sebagai pelaksana. Seharusnya pemda mengeluarkan Pergub atau Perbup yang mengatur penyaluran dana Otsus berupa uang tunai, sehingga masyarakat benar-benar merasakannya,” ujarnya yang juga merupakan Kepala Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari.

Dirinya menilai Otsus masih sangat dibutuhkan di Provinsi Papua Barat untuk peningkatan berbagai sektor pembangunan di wilayah tersebut.

“Kami sangat mendukung kelanjutan pelaksanaan Otsus karena memang sampai saat ini Provinsi Papua Barat masih sangat membutuhkan adanya Otsus, baik untuk meningkatkan pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, ekonomi, maupun kesehatan, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here