LURAH RUFEI KOTA SORONG: “PEMERINTAH SUDAH CUKUP MEMPERHATIKAN SEKALI MASYARAKAT PAPUA”

0
130
Ignatius Rendy Freider (Lurah Rufei)
Ignatius Rendy Freider (Lurah Rufei)

Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua merupakan titik temu jalan tengah untuk menguatkan integrasi Papua sekaligus jembatan untuk meniti perdamaian dan membangun kesejahteraan di Tanah Papua.

Ignatius Rendy Freider, Lurah Rufei, Kab. Sorong menyampaikan bahwa Otsus sangat penting guna mempercepat proses pembangunan khususnya SDM, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat asli Papua. “Selain Otsus sendiri, Pemerintah telah memberikan bantuan yang cukup banyak untuk masyarakat Papua”, ungkap Rendy.

Menurutnya, masyarakat Papua yang menilai bahwa pelaksanaan Otsus gagal dan berteriak menolak Otsus seharusnya jangan menyalahkan Pemerintah Pusat, melainkan dapat mempertanyakannya kepada para pejabat daerah sebab mereka lah yang diberikan tugas dan tanggung jawab untuk mengelola dana Otsus. “Pemerintah Pusat tidak boleh lepas tangan hanya memberikan bantuan dana Otsus tersebut, melainkan harus menjamin dana tersebut benar-benar bisa diterima secara merata oleh seluruh masyarakat Papua”, jelas Rendy.

Rendy menyarankan agar skema pengelolaan dana Otsus bisa dilaksanakan sebagaimana sistem keuangan daerah yang saat ini baru dijalankan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian, yakni mengacu pada Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 dimana setelah dana diberikan, maka pejabat daerah selaku pengelola wajib melakukan pendataan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan kemudian mengirimkannya secara online dalam sistem informasi sehingga seluruh prosesnya bisa diketahui secara transparan.

Bicara soal keberhasilan Otsus selama kurun waktu 20 tahun ini, Rendy menilai Pemerintah sudah cukup memperhatikan sekali masyarakat Papua. Sebagai contoh, adanya formasi penerimaan CPNS dimana 80% untuk OAP dan 20% untuk Non OAP. Belum lagi dengan adanya afirmasi pendidikan khusus Papua dan Papua Barat maka standar penilaian pada saat seleksi pun diturunkan dari standar nasional sehingga Pemerintah sebenarnya sudah membuka peluang yang luas bagi masyarakat OAP untuk maju.

Lurah Rufei ini juga berharap agar masyarakat Papua bisa lebih bijak menyikapi rencana perpanjangan Otsus ini. “Apabila ada kekurangan mari kita bersama-sama mengevaluasinya agar kedepan bisa menjadi lebih baik”, harap Rendy.  

Sebagai aparat pemerintahan, Rendy menghimbau dan mengajak masyarakat Papua khususnya yang tinggal di kelurahan Rufei agar dapat mendukung dan mensukseskan rencana pemerintah untuk melanjutkan Otsus Jilid II, baik itu bagi Papua maupun Papua Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here