KPU Sorong Selatan Gelar Sosialisasi PKPU No 1 Tahun 2020

0
80
KPU Sorong Selatan Gelar Sosialisasi PKPU No 1 Tahun 2020
KPU Sorong Selatan Gelar Sosialisasi PKPU No 1 Tahun 2020

MELANESIAN INFO, SORSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sorong Selatan melaksanakan sosialisasi PKPU No 1 Tahun 2020, PKPU tersebut merupakan Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota dan/atau Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, Kamis (13/8/20).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Putih, Jln Sengget, Kelurahan Kaibus, Distrik Teminabuan. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sorong Selatan hingga perwakilan dan pimpinan partai politik serta calon perseorangan.

Dalam laporan pelaksanaan KPU Sorong Selatan yang disampaikan oleh Staf Teknik KPU Sorong Selatan, Ayup Asap Momot, sosialisasi tersebut bertujuan agar KPU dapat menyebarluaskan informasi tentang tahapan dan program KPU Kab Sorong Selatan dalam Pilkada Sorong Selatan tahun 2020.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran partai politik tentang syarat dan kewajiban berdemokrasi yang baik dan benar,” ungkap Ayup.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sorong Selatan, Ester Homer menyampaikan bahwa sosialisasi ini penting dilakukan mengingat pendaftaran bakal calon akan dilaksanakan tiga minggu lagi.

“Ini penting (sosialisasi) karena pendaftaran bakal calon itu tanggal 4 sampai tanggal 6 September 2020,” ucap Ester.

Ester menyayangkan adanya perwakilan partai politik yang tidak hadir dalam sosialisasi tersebut mengingat pentingnya bakal calon mengetahui syarat-syarat pencalonan sehingga saat melakukan pendaftaran maka dapat mempermudah kerja KPU Sorong Selatan.

“Dari 8 parpol yang duduk di DPR, hanya 3 pimpinan parpol yang hadir dalam sosialisasi hari ini. Sosialisasi ini penting karena saat pendaftaran, syarat pencalonan dan syarat calon harus lengkap agar kami tidak lagi mengulang tentang syarat-syarat tersebut,” harapnya.

Ia juga menambahkan bahwa KPU Sorong Selatan terbuka apabila terdapat parpol atau calon perseorangan yang ingin berkoordinasi terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan mengenai syarat pencalonan maupun syarat calon.

Selain itu, Ester juga mengatakan bahwa KPU akan merilis bakal pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yang lolos pada tanggal 30 Agustus sampai dengan tanggal 3 September 2020.

“Sebelum kami merilis pengumuman tersebut, kami harap bapak ibu silahkan datang ke KPU menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan persyaratan,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here