KETUA GERCIN PABAR : OTSUS TINGKATKAN KESEJAHTERAAN ORANG ASLI PAPUA

0
36
Napoleon Fakdawer (Ketua Gercin Papua Barat)
Napoleon Fakdawer (Ketua Gercin Papua Barat)

Otonomi Khusus (Otsus) Papua yang sudah berjalan selama kurang lebih 20 tahun telah banyak memberi dampak positif bagi Papua dan Papua Barat. Pesatnya pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, perumahan, dan lainnya menjadi bukti nyata adanya Otsus. Tak hanya itu, dibidang pendidikan Otsus juga banyak membiayai putra-putri Papua untuk bersekolah dibeberapa kota studi seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan lainnya.

Napoleon Fakdaweri, Ketua Gerakan Cinta NKRI Papua Barat (Gercin Pabar) menyatakan dukungannya kepada pemerintah untuk melanjutkan Otsus bagi Papua dan Papua Barat, karena Otsus selama ini dinilai sangat membantu meningkatkan kesejahteraan orang asli Papua.

Berkaitan dengan akan dilakukannya revisi UU Otsus, lanjut Napoleon, Pemerintah diharapkan dapat melakukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui kekurangan dalam penerapan Otsus selama ini. “Kami minta pemerintah mengevaluasi Otsus selama ini, agar dalam revisi UU Otsus untuk selanjutnya dapat lebih bermanfaat bagi orang asli Papua” tegas Napoleon.

Ketua Gercin Pabar ini juga mengusulkan agar dalam evaluasi dan perumusan UU Otsus untuk selanjutnya dapat melibatkan masyarakat adat, tokoh agama, tokoh perempuan serta tokoh pemuda sehingga pelaksanaan Otsus jilid II nantinya dapat berjalan dengan baik sebagaimana kehendak orang Papua itu sendiri.

Napoleon juga berharap agar pemerintah mempertimbangkan perlunya lembaga/badan khusus dibawah Presiden yang bisa mengawasi Otsus guna menghindari terjadinya penyalahgunaan dan penyelewengan yang merugikan rakyat Papua. “Perlu lembaga atau badan khusus dibawah Presiden yang bertugas apabila ada penyelewengan terhadap penggunaan dana otsus agar dapat diproses secara hukum sehingga dana otsus dapat dipergunakan bagi banyak orang asli Papua” tutup Napoleon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here