KEPALA KAMPUNG PETRUS KAFIAR: KEBERADAAN OTSUS DIRASAKAN OLEH MASYARAKAT KAMPUNG

0
265
FOTO: Lewi Mandacan (Kepala Kampung Petrus Kafiar Kabupaten Manokwari)

Keberadaan Otonomi khusus (Otsus) yang diberikan pemerintah pusat untuk Tanah Papua dan telah berjalan selama 20 tahun mendapat dukungan penuh dari Kepala Kampung Petrus Kafiar di Kabupaten Manokwari Lewi Mandacan. Bukan tanpa alasan, Otsus dinilai telah dirasakan oleh masyarakat kampung.

“Sebagai Kepala Kampung Petrus Kafiar, saya mendukung rencana pemerintah melanjutkan Otsus untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Papua,” pungkasnya.

Manfaat Otsus tidak bisa disangkal telah terlihat dari perkembangan pembangunan di Papua Barat. Peningkatan fasilitas bagi masyarakat seperti pembangunan jalan, pembiayaan pendidikan, kemudahan memperoleh fasilitas kesehatan.

Ia mengaku menyesalkan adanya kelompok yang melakukan penolakan Otsus. Dirinya meyakini hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman akan Otsus. “Mereka yang menolak itu sebenarnya kurang mengetahui kalau segala fasilitas dan pembangunan yang selama ini dirasakan itu berasal dari Otsus,” ungkapnya.

Ia mengajak berbagai pihak untuk mendukung niat baik pemerintah untuk melanjutkan Otsus dan mengawal proses revisi Otsus yang saat ini dalam proses di DPR-RI agar penyelenggaraan Otsus di Tanah Papua dapat berjalan lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here