KEPALA KAMPUNG GOROLO: “KAMPUNG BUTUH DANA OTSUS UNTUK BISA SEJAHTERAKAN WARGA”

0
210
Joni Krimadi (Kepala Kampung Gorolo)
Joni Krimadi (Kepala Kampung Gorolo)

Pemberlakuan Otonomi Khusus (Otsus) telah banyak memberikan perubahan yang signifikan terhadap pembangunan infrastruktur bagi masyarakat kampung, seperti rumah tinggal, jalan kampung serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Mengingat kebutuhan tersebut, maka Otsus harus dilanjutkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat asli Papua dan kemajuan kampung-kampung di Papua.

Joni Krimadi, Kepala Kampung Gorolo, Distrik Teminabuan Kab. Sorong Selatan mengatakan bahwa tujuan Otsus awalnya adalah memajukan kesejahteraan masyarakat Papua, namun sampai dengan saat ini belum seluruhnya merasa puas dengan adanya Otsus. Belum tersentuhnya sebagian kecil kelompok masyarakat ini harus menjadi poin penting dalam pembahasan revisi UU Otsus selanjutnya agar tidak terjadi kesalahan yang sama.

Belajar dari pengalaman Otsus yang sesaat lagi akan berakhir, evaluasi Otsus sangat dibutuhkan, agar nantinya dana Otsus dapat tersalurkan kepada seluruh masyarakat kampung. Pengelolaan dana Otsus dengan nominal yang cukup besar bukanlah hal yang mudah, karena sedikit saja kesalahan dalam pengelolaanya bisa berimplikasi pada ancaman memecah belah dan mengganggu situasi keamanan di tengah masyarakat. “Kelola dana Otsus ini bukan perkara mudah, karena sedikit saja salah, bisa jadi ancaman dan perpecahan ditengah masyarakat” ucap Joni.

Joni juga menegaskan bahwa warga di kampungnya sangat mendukung rencana pemerintah untuk memperpanjangan Otsus, dengan catatan harus lebih jelas dan transparan serta dibarengi dengan pengawasan yang ketat, baik di Pemerintah Pusat maupun di Pemerintah Daerah. “Kita dukung Otsus, dengan catatan harus lebih jelas dan transparan yang disertai pengawasan yang ketat” tegas Joni.

Joni juga mengimbau kepada warganya untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan keteriban di kampung Gorolo dengan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum tentu kebenarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here