KEPALA DISTRIK SIDEY MINTA OTSUS DILANJUTKAN DEMI KESEJAHTERAAN

0
23
Mirdan Husein (Kepala Distrik Sidey)
Mirdan Husein (Kepala Distrik Sidey)

Guna mempercepat peningkatan derajat kesejahteraan dan pembangunan ekonomi masyarakat di Papua dan Papua Barat, pemerintah mengucurkan Dana Otonomi Khusus (Otsus). Dukungan dana Otsus sebagai konsekuensi atas status Otsus sejatinya ditujukan bagi pembiayaan pendidikan dan kesehatan, serta dukungan pembiayaan pembangunan infrastruktur. Pengelolaan dana tersebut menjadi kewenangan khusus yang diberikan kepada Provinsi Papua dan Papua Barat untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri, berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua.

Mirdan Husein, Kepala Distrik Sidey Kab. Manokwari menilai Otsus telah memberikan manfaat bagi masyarakat OAP di Sidey. “Sampai saat ini semua kampung menikmati dana Otsus dengan besaran Rp.225 Juta per tahun sedangkan pada tingkat distrik kami menerima dana Otsus sebesar Rp.50 juta”, ungkap Mirdan.

Sebagaimana disampaikan Gubernur Papua Barat, lanjut Mirdan, Dana Prospek yang diterima distrik dan kampung bertujuan untuk mengoptimalkan tata kelola pemerintahan serta pembangunan dibidang ekonomi dan pelayanan dasar terutama bagi masyarakat Papua. Prospek juga menjadi program strategis dan sebagai daya ungkit program Dana Desa yang diberikan pemerintah pusat.

Harapnya, dengan dana Prospek ini dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Papua serta program afirmasi bagi orang asli Papua khususnya di distrik Sidey. 

Mirdan yang juga salah satu tokoh masyarakat Fakfak di Kabupaten Manokwari mengajak masyarakat Papua khususnya di distrik Sidey agar mendukung rencana evaluasi dan revisi UU Otsus yang saat ini sedang berlangsung. Mirdan juga meminta warganya untuk tidak terprovokasi ajakan kelompok-kelompok yang menolak Otsus, karena menurutnya mereka hanya memiliki kepentingan tersendiri dan tidak membawa aspirasi rakyat Papua sesungguhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here