KADIS PERDAGANGAN KOTA SORONG MENYARANKAN REVISI UU OTSUS TIDAK HANYA BERFOKUS PADA PENAMBAHAN ANGGARAN

0
14
Adrianus Asmuruf (Kadis Perdagangan Kota Sorong)
Adrianus Asmuruf (Kadis Perdagangan Kota Sorong)

Revisi Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua merupakan momentum perubahan bagi Indonesia, khususnya Papua. Adapun saat ini proses revisi UU Otsus tengah bergulir di DPR. Revisi Otsus ini akan menjadi sebuah jalan untuk menyelesaikan segala konflik yang ada di Papua.

Adrianus Asmuruf, Kepala Dinas Perdagangan Kota Sorong menilai hadirnya Otsus telah menjadikan banyak pengembangan pembangunan yang signifikan di atas Tanah Papua.

Rencana pemerintah melanjutkan Otsus disambut baik oleh masyarakat Papua. “Otsus perlu diperpanjang, namun ada beberapa aturan yang perlu diubah atau disesuaikan dengan keadaan dan situasi di Tanah Papua saat ini”, ujar Adrianus.

Menurutnya dengan adanya Otsus akan mampu mengejar ketertinggalan di Tanah Papua dari daerah-daerah lain, sehingga masyarakat Papua mampu untuk bersaing dalam berbagai aspek.

Adrianus menyarankan agar perubahan dalam UU Otsus yang saat ini tengah dibahas tidak hanya berfokus pada penambahan alokasi dana Otsus saja, tapi juga dari sisi aturan atau regulasi didalamnya. “Karena yang dibutuhkan oleh Papua sebenarnya adalah perubahan aturan-aturan dalam UU Otsus agar lebih mensejahterakan masyarakatnya”, saran Adrianus.

Adrianus menambahkan, adanya penolakan terhadap keberlanjutan Otsus salah satunya dipicu oleh aturan-aturan dalam UU Otsus yang tidak sesuai dengan keadaan dan situasi Tanah Papua saat ini.

Dia meminta kepada masyarakat Papua agar mendukung keberlanjutan Otsus bagi Papua dan Papua Barat, mengingat fungsi dan manfaat Otsus ini sangat besar bagi masyarakat Papua untuk mencapai kehidupan yang sejahtera dan mandiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here