JONI TOWANSIBA NYATAKAN DUKUNGAN TERHADAP KEBERLANJUTAN OTSUS

0
33
FOTO : Joni Towansiba, SH, (Tokoh Pemuda Arfak)

Tokoh Pemuda Arfak Joni Towansiba, SH, memberikan dukungannya terhadap keberlanjutan Otonomi khusus (Otsus) yang telah berlangsung selama 20 tahun di Tanah Papua. Hal itu diungkapkannya ketika ditemui di kediamannya pada Senin (22/2/21).

“Kami pemuda dan masyarakat Arfak sangat mendukung keberlanjutan Otsus,” jelas Joni

Tak hanya itu dirinya juga mendukung sepenuhnya proses pembahasan revisi Undang-undang Otsus yang saat ini sedang dikerjakan oleh DPR RI. Menurutnya, Otsus sangat diperlukan di Papua Barat.

“APBD dan DAK saja tidak akan cukup untuk membangun Papua Barat, sehingga Otsus sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Dirinya juga menyebutkan dampak Otsus yang telah dirasakan oleh masyarakat Arfak selama ini. Misalnya di bidang pendidikan, dengan adanya Otsus, masyarakat Suku Arfak bukan hanya bisa bersekolah di luar Papua bahkan bisa bersekolah keluar negeri. 

“Dibidang infrastruktur, dulu apabila menuju ke daerah di Pegaf diperlukan waktu berhari-hari, namun dengan adanya Otsus hanya menempuh jam sudah sampai,” ujarnya

Selain itu dibidang perumahan yang dulunya banyak masyarakat Arfak yang belum memiliki rumah permanen kini telah memiliki rumah permanen dengan adanya Otsus.

“Dibidang kesejahteraan, dulu banyak orang Arfak yang hidupnya berada dibawah garis kemiskinan, namun dengan adanya Otsus banyak orang Arfak yang kesejahteraannya mulai meningkat,” tambahnya

Dirinya menilai yang selama ini yang mengatakan Otsus gagal bukan berasal dari kalangan masyarakat Arfak, hal itu disampaikan oleh oknum-oknum tertentu.

Dirinya mengakui bahwa pelaksanaan Otsus selama ini masih memiliki kekurangan, namun hal tersebut dapat diperbaiki. 

Menurutnya, kunci keberhasilan pelaksanaan Otsus sepenuhnya ada di kepala daerah beserta perangkatnya. “Kami mendukung instruksi Gubernur Papua Barat yang menyatakan bahwa Otsus harus dilanjutkan. Kami masyarakat Arfak mendukung sepenuhnya keberlanjutan Otsus bagi Papua Barat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here