Jakpro sebut pembangunan JIS mencapai 45,2 persen hingga Januari 2021

0
56

Jakarta (ANTARA) – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyebutkan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) sampai akhir Januari 2021 telah mencapai 45,2 persen dari target 44, 42 persen meliputi pemasangan girder atau gelagar untuk pemasangan ramp (tangga landai) pada bagian barat.

“Kita lakukan pengerjaan (pemasangan girder ramp barat) pada malam hari supaya tidak terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Sunter Permai Raya,” kata Corporate Communications Manager Jakpro Melisa Sjach dalam keterangannya, Kamis.

Girder merupakan konstruksi baja atau beton yang membentuk bentangan seperti jembatan, dermaga, atau pun atap.

Pemasangan gelagar itu diperkirakan rampung dalam jangka waktu tiga hari ke depan dan nantinya ramp atau tangga landai barat  akan menghubungkan stadion JIS dengan Taman Bersih, Manusiawi, Berwibawa (BMW).

Melisa mengatakan ada sebanyak 17 girder yang dipasang untuk ramp di bagian barat JIS, satu gelagar diketahui memiliki berat 120 kilogram dan panjang 53,8 meter.

Pemilihan waktu malam hari untuk pemasangan girder itu diambil karena posisi ramp barat melintang di atas jalan yang padat lalu lintas.

JIS didesain memiliki ramp sebagai pintu masuk utama bagi suporter dan concourse atau tempat penjualan tiket di lantai tiga yang menjadi sirkulasi bagi penonton dari Stadion JIS.

Untuk ramp didesain dengan lebar 30 meter dengan panjang masing-masing kurang lebih 200 meter untuk sisi barat dan 160 meter untuk sisi timur.

Dengan kelandaian tersebut, penyandang disabilitas juga dapat mengakses pintu masuk. Terlebih juga, ramp didesain untuk dilalui kendaraan pemadam kebakaran ketika terjadi kondisi darurat.

Concourse saat ini juga sudah mulai dikerjakan dengan metode cast in site atau cor ditempat.

“Dengan ketinggian kurang lebih 8 meter dari lantai dasar pekerjaan concourse ini dilakukan dengan menggunakan pompa beton,” kata Melisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here