IKATAN BATAK RAJA AMPAT : TINDAK TEGAS PELAKU RASIS AMBRONCIUS NABABAN

0
42
Dorhot MT Sigiro (Ketua Ikatan Batak Raja Ampat)

Beredarnya ujaran rasis yang diduga dilakukan oleh pemilik akun Facebook, Ambroncius Nababan yang ditujukan kepada tokoh Papua, Natalius Pigai, telah meresahkan sesama anak bangsa khususnya masyarakat asli Papua di Tanah Papua. Oleh karena itu, Dorhot MT Sigiro (Ketua Ikatan Batak Raja Ampat) mengecam keras pernyataan Ambrosius Nababan yang dinilai rasis terhadap tokoh Papua Natalius Pigai, saat ditemui di kota Waisai Kabupaten Raja Ampat pada (25/01/2021).

“Dalam akun Facebooknya, Ambroncius Nababan melakukan tindakan rasis kepada Natalius Pigai.Selain tindakan rasis ia juga melontarkan kata-kata tidak pantas terhadap Natalius Pigai, dan kini tengah menjadi perdebatan publik” ujarnya.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat suku Batak dan masyarakat Papua agar tidak mudah terprovokasi terhadap isu-isu tidak jelas terkait tindakan rasis yang dilakukan oleh Ambroncius Nababan dan menyerahkan kasus ini sepenunya kepada aparat penegak hukum”

“Seharusnya Ambroncius Nababan membuat statement yang tidak menyinggung Sara, namun sebaliknya malah menciderai Natalius Pigai khususnya dan masyarakat Papua pada umumnya, dengan melakukan tindakan rasis” lanjutnya.

“Saya selaku Ketua Ikatan Batak Raja Ampat mengecam keras ungkapan rasis tersebut. Sebagai orang Batak, kami memohon maaf kepada Natalius Pigai dan masyarakat Papua, serta meminta pemerintah dan aparat penegak hukum agar menindak tegas Ambroncius Nababan” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here