FRANGKY UMPAIN AJAK GENERASI MUDA BERPERAN AKTIF MENDUKUNG PELAKSANAAN OTSUS

0
125
FOTO: Frangky Umpain (Ketua Harian Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Provinsi Papua Barat)

Ketua Harian Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Provinsi Papua Barat Frangky Umpain menanggapi langkah pemerintah untuk melanjutkan Otonomi Khusus (Otsus) bagi Tanah Papua. Dirinya mendukung pelaksanaan revisi yang dilakukan karena memandang Otsus yang selama ini berlangsung, telah berjalan sebagaimana mestinya bahkan bisa dikatakan berhasil.

“Indikator keberhasilan Otsus terlihat dari pembangunan infrastruktur seperti jalan, bandara, rumah, sakit dan saran pendidikan seperti kampung juga fasilitas lainnya,” ujarnya.

Sebagai pemuda, dirinya mengajak generasi muda orang asli Papua (OAP) untuk ikut berperan aktif dalam membangun Tanah Papua, dalam hal ini mendukung pelaksanaan Otsus.

Dikatakannya, Otsus yang ditetapkan pada tahun 2001 tersebut sudah cukup berhasil memberikan kemajuan di Tanah Papua. Dalam kurun waktu 20 tahun saja, pembangunan yang begitu pesat sudah dapat menjangkau semua lini kehidupan masyarakat Papua.

“Kami berterima kasih kepada bapak Presiden RI yang selalu memperhatikan Tanah Papua. Pemberian Otsus untuk Tanah Papua harus tetap dilanjutkan sehingga terwujud masyarakat Papua yang sejahtera,” tambahnya.

Menanggapi penolakan Otsus yang terjadi dan dilakukan oleh segelintir kelompok, dirinya menyebutkan hal tersebut sudah tidak relevan saat ini mengingat kemajuan yang telah terlihat berkat adanya Otsus.

“Penolakan yang dilakukan tidak masuk akal dan relevan lagi, karena fasilitas dan kemajuan pesat Papua saat ini itu berasal dari Otsus. Sebagai generasi muda, patutnya kita membantu pemerintah membangun Papua agar lebih maju, mandiri, bermartabat dalam bingkai NKRI. Karena Otsus adalah solusi,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here