ESAU GOGOBA: OTSUS BERI KEMAJUAN DAN KESEJAHTERAAN UNTUK MASYARAKAT ASLI PAPUA

0
42
FOTO: Esau Gogoba, Pengurus Biro Adat LMA Emeyode Kokoda Kota Sorong

Dukungan demi dukungan untuk kelanjutan Otonomi khusus (Otsus) terus diberikan oleh para tokoh asli Papua. Kebijakan pemerintah yang telah berjalan kurang lebih 20 tahun tersebut mendapat respon yang positif dari masyarakat asli Papua.

Esau Gogoba selaku Pengurus Biro Adat Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Emeyode Kokoda Kota Sorong menilai bahwa Otsus sangat bermanfaat untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat asli Papua.

“Pemerintah pusat telah menyalurkan dana Otsus ke Papua dan Papua Barat sesuai prosedur dan sudah berhasil membangun juga memberi kesejahteraan bagi Tanah Papua,” ungkap Esau.

Tidak serta merta memberikan dukungan, Ia juga memberikan saran bagi evaluasi Otsus. Menurutnya, pemerintah perlu merubah mekanisme penyaluran dana Otsus dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Provinsi, baik di Papua maupun Papua Barat.

“Kami menyarankan agar mekanisme penyaluran dana Otsus kedepan harus dikelola oleh lembaga MRP kemudian disalurkan juga untuk kepala suku agar melalui kepala suku dapat menyalurkan kepada masyarakat kecil,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here