DUKUNG OTSUS JILID II, ROMELUS SURBAY: “OTSUS MENINGKATKAN KUALITAS SDM PAPUA”

0
62
Romelus Surbay (Kepala Suku Oburuaw Kaimana)
Romelus Surbay (Kepala Suku Oburuaw Kaimana)

DUKUNG OTSUS JILID II, ROMELUS SURBAY: “OTSUS UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN PAPUA”

Otonomi Khusus (Otsus) adalah program pemerintah yang sangat penting karena dapat membantu mempercepat proses pembangunan khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda melalui peningkatan taraf pendidikan dan kesehatan bagi Orang Asli Papua (OAP), oleh sebab itu perlu didukung agar revisi UU Otsus bisa jauh lebih baik lagi.

Peran orang tua dan tokoh adat sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya Otsus bagi Papua, terutama kepada adik-adik mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan agar tidak mudah terhasut oleh provokasi kelompok-kelompok yang menolak Otsus. Kelompok tersebut tidak pernah meniliai positif dari implementasi Otsus, karena selama ini yang ada dipikiran mereka hanyalah menuntut kemerdekaan.

Romelus Surbay selaku Kepala Suku Oburauw mengatakan bahwa pandangan tiap-tiap individu di Kab. Kaimana terhadap program Otsus berbeda-beda dan itu merupakan hal yang wajar karena pada prinsipnya mereka belum memahami betul dan kurangnya sosialisasi terkait keberhasilan Otsus.

Romelus menilai Otsus masih sangat dibutuhkan Papua Barat untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain, seperti dalam hal percepatan pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana pendidikan, fasilitas layanan kesehatan, dan lainnya. “Pemerintah perlu lebih sering melakukan sosialisasi terkait keberhasilan Otsus serta transparan dalam mengambil kebijakan terkait Otsus agar masyarakat paham dan mengerti” jelas Romelus.

Romelus menambahkan bahwa selama ini masih banyak juga masyarakat Papua yang terpengaruh isu negatif terkait Otsus karena kurangnya pemahaman, sehingga pemerintah pusat melalui instansi Pemda harus lebih giat lagi memberikan sosialisasi dan pemahaman ditengah masyarakat agar lebih memberikan pencerahan tentang program Otsus.

Romelus meminta masyarakat di Kab. Kaimana untuk mendukung program pemerintah melanjutkan Otsus guna memajukan Papua dari segala ketertinggalan selama ini. “Kami harapkan dukungan masyarakat Papua, khususnya di Kab. Kaimana untuk mendukung program luar biasa ini, agar Papua dapat maju dan berkembang sehingga tidak tertinggal dari daerah lain di Indonesia” tutup Romelus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here