Dua Kabupaten di Sulteng diguncang gempa bumi

0
47

Palu (ANTARA) – Gempa bumi kembali mengguncang dua wilayah di Sulawesi Tengah, Selasa.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu, gempa pertama terjadi Kabupaten Donggala, tepatnya di Desa Lalundu, dengan kekuatan 4.2 magnitudo, terjadi sekitar pukul 13:17 Wita.

Sementara gempa kedua terjadi di Kabupaten Banggai Laut dengan kekuatan gempa 5.0 magnitudo, terjadi pada pukul 14:05 Wita.

Menurut Kepala Seksi Observasi BMKG Geofisika Palu, Bambang Haryono, kedua gempa disebabkan oleh aktivitas dari sesar lokal setempat.

“Dua duanya karena sesar lokal,” ungkapnya.

Ia menjelaskan untuk gempa pertama berpusat di darat dan gempa kedua berpusat di laut. Meski demikian kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Ke dua gempa ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya juga masih di bawah tujuh koma,” jelasnya.

Untuk gempa 5.0 Magnitudo yang terjadi di Kabupaten Banggai Laut, juga dirasakan di Kabupaten Morowali, Morowali Utara dan Kabupaten Banggai.

“Dirasakan juga di beberapa daerah dengan skala II MMI,” tutur Bambang.

Hingga saat ini, belum ada laporan terkait adanya kerusakan bangunan di dua lokaso tersebut. Serta sesuai analisis BMKG Geofisika tidak adanya gempa susulan yang terjadi akibat dua gempa tersebut.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, dan tidak mempercyai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here