BIDANG ADVOKASI HIMPUNAN PENGUSAHA ASLI PAPUA: PENTING UNTUK OTSUS DILANJUTKAN

0
183
FOTO: Melky Nibra (Ketua Bidang Advokasi Himpunan Pengusaha Asli Papua, Kabupaten Sorong)

Perpanjangan Otonomi khusus (Otsus) untuk Tanah Papua sangat penting untuk menunjang perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua, khususnya yang berada di Kabupaten Sorong.

Faktor ini menjadi alasan Melky Nibra sebagai Ketua Bidang Advokasi Himpunan Pengusaha Asli Papua mendukung proses perpanjangan Otsus yang saat ini menjadi fokus pemerintah pusat. Melky memandang dalam revisi Otsus perlu dibentuk lembaga independen yang bertugas melakukan pengawasan atas pengelolaan Otsus.

‘Lembaga ini harus terpisah dengan pemerintah daerah, agar pengawasan Otsus dapat lebih ketat dan implementasi Otsus dapat merata ke seluruh masyarakat Papua,” tegas Melky.

Dirinya yakin perpanjangan Otsus dapat memberikan peningkatan kualitas SDM OAP dan membuka sudut pandang masyarakat untuk berlomba menjadi pengusaha. “Otsus juga akan memberikan kesejahteraan bagi pengusaha asli Papua, dalam hal ini adil dan transparan dalam pembagian proyek untuk pengusaha asli Papua adalah catatan kami saat ini,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here