Bawaslu Papua-Disdik luncurkan program “Bawaslu go to school”

0
71

Jayapura (ANTARA) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua meluncurkan program “Bawaslu go to school” sebagai upaya menghidupkan nilai pengawasan dan pilkada di Bumi Cenderawasih.

Anggota Bawaslu RI Mohammad Afifuddin di Jayapura, Rabu, mengatakan penandatanganan nota kesepahaman dalam program ini bertujuan agar dapat langsung melakukan kerja-kerja kader pengawas dengan anak-anak SMA.

“Harapan kami, anak-anak ini dapat semakin mengetahui apa itu pengawasan dan demokrasi yang baik serta bagaimana menjaga pemilu dengan baik,” kata Afif.

Menurut Afifuddin, pihaknya juga berharap semakin banyak siswa-siswa yang mengetahui apa tugas Bawaslu dan yang dilakukan untuk penguatan demokrasi di Papua.

Senada dengan Mohammad Afifuddin, Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu yang melibatkan pihaknya dan menganggap anak-anak sekolah potensi yang perlu ditolong.

“Selain itu juga menjadi kekuatan besar untuk mengawasi pemilu tetapi juga untuk pembelajaran politik yang baik ke depan, karena anak-anak ini adalah umur produktif untuk menjadi pemilih pemula,” katanya.

Dia menambahkan anak-anak ini dapat menjadi corong untuk membantu pemerintah dalam rangka menciptakan pilkada jujur, adil dan bersih.

“Kami akan menyiapkan anak-anak sekolah untuk melihat cara kerja Bawaslu secara langsung, dan akan diatur bagaimana Bawaslu masuk sekolah serta memberikan pelatihan yang berkaitan dengan pengawasan,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here